DOWNLOADS

Rabu, 03 April 2013

INSPIRASI QUR'AN TENTANG KOMPOSIT


kebangkitanumatislam.blogspot.com:"Sejak zaman dahulu manusia telah berusaha  untuk manciptakan berbagai produk yang terdiri dari gabungan lebih dari satu bahan untuk menghasilkan suatu bahan yang lebih kuat, contohnya penggunaan jerami pendek untuk menguatkan batu bata di Mesir, panah orang Mongolia yang menggabungkan kayu, otot binatang, sutera, dan pedang samurai Jepang yang terdiri dari banyak lapisan oksida besi yang berat dan liat. Seiring dengan kemajuan zaman, untuk mengoptimalkan niap suatu produk maka dimulailah suatu pengembangan terhadap material, dan para ahli mulai menyadari bahwa material tunggal (homogen) memiliki keterbatasan baik dari sisi mengadopsi desain yang dibuat maupun kondisi pasar. 

     Kebanyakan teknologi modern memerlukan  bahan dengan kombinasi sifat-sifat yang luar biasa yang tidak bisa dicapai oleh bahan-bahan lazim seperti logam besi, keramik, dan bahan polimer. Kenyataan  ini adalah benar bagi bahan yang diperlukan untuk penggunaan dalam bidang angkasa lepas, perumahan, perkapalan, kendaraan dan industri pengangkutan. Karena bidang-bidang tersebut membutuhkan density yang rendah, flexural, dan tensile yang tinggi, viskosity yang baik dan hentaman yang baik. Material Komposit (komposit) merupakan gabungan dua material atau lebih yang berbeda sifatnya dan membentuk material baru yang memiliki sifat fisis berbeda dengan material-material pembentuknya.  Komposit merupakan teknologi rekayasa material yang banyak dikembangkan dewasa ini karena material komposit mampu mengabungkan beberapa sifat material yang berbeda karakteristiknya menjadi  sifat  yang  baru  dan  sesuai  dengan  disain  yang  direncanakan. Material komposit memiliki keunggulan yang lebih tinggi dibandingkan material yang lain seperti logam dan polimer sehingga banyak dimanfaatkan sampai saat ini. 

   Tanpa kita sadari bahwa rekayasa teknologi komposit ini sudah tersirat di dalam al-Qur’an surat Al-Kahfi (18): 95-96 yakni:

Zulkarnain berkata: “Apa yang telah dikuasakan oleh Tuhanku terhadapnya adalah lebih baik, maka tolonglah aku dengan kekuatan (manusia dan alat-alat), agar aku membuatkan dinding antara kamu dan mereka, berilah aku potongan besi”. Hingga apabila besi itu telah sama rata dengan kedua (puncak) gunung itu, berkatalah Zulkarnain “Tiuplah api itu”. Hingga apabila besi itu sudah menjadi (merah seperti api), dia pun berkata: “Berilah aku tembaga (yang mendidih) agar kutuangkan ke atas besi panas itu”.

    Dari ayat di atas tersirat bahwa ketika Zulkarnain membuat sebuah dinding pemisah, beliau tidak cukup dengan menggunakan material logam berupa besi saja, tetapi dengan menggabungkan besi tersebut dengan bahan lain berupa tembaga agar dinding tersebut lebih tangguh dan kuat. Lewat penuturan Zulkarnain tersebut di atas, kita ketahui bahwa material terkuat sampai akhir zaman berasal dari minimal dua zat/bahan yang berbeda yang diolah sedemikian rupa sehingga saling memperkuat sifat bahan yang satu dengan lainnya. Dalam bahasa modernnya ini dikenal sebagai sebagai composite materials atau material komposit yang sudah dijelaskan di atas.

    Teknologi komposit ini sekarang begitu maju  sehingga dari bodi pesawat, satelit, mobil, bahan jembatan, sampai tembok rumah kita pun dibuat dari komposit ini. Andaikan tembok rumah kita hanya berbahan pasir saja maka tentunya akan mudah retak dan bahkan tidak kuat alias ambruk, oleh karenanya pasir itu perlu dicampur dengan semen, gamping dan kadang kerikil batu agar tembok rumah tersebut kuat dan kokoh. gabungan dari berbagai bahan tersebut tidak lain adalah yang disebut dengan komposit yang jelas-jelas memiliki keunggulan yang luar biasa sebagaimana tersirat di dalam Kitab al-Qur’an. Subhanallah….Sungguh al-Qur’an ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertaqwa (QS. Al-Baqoroh (2): 2).

    Pertanyaannya adalah sudahkah kita benar-benar kembali ke Al-Qur’an ketika kita butuh petunjuk? Sudahkah kita mencari panduan pemecahan masalah yang kita hadapi di al-Qur’an untuk segala jenis urusan?
Jadi inspirasi dan solusi Al-Qur’an itu real dan ada di sekitar kita, tinggal kita mau menggunakannya atau tidak.
Untuk lebih jelasnya mengenai material komposit, silahkan baca ulasannya di kategori “Teknologi Material”
Semoga bermanfa’at, wallahu a’lam…
Judul: INSPIRASI QUR'AN TENTANG KOMPOSIT; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar