Apakah ilmu yang paling utama untuk dipelajari umat Islam? Dalam
beberapa kali seminar tentang peradaban Islam, di mana disampaikan
berbagai prestasi sains dan teknologi umat Islam di masa Khilafah,
sering muncul pertanyaan, “apakah itu ilmu-ilmu yang paling utama, yang
akan mendekatkan kita kepada Allah?”
Di sisi lain ada fenomena di antara calon mahasiswa (Muslim) yang
galau ketika memilih program studi di perguruan tinggi. Ada di antara
mereka yang bertanya, “Ustadz, keahlian apa yang paling utama jika nanti
Khilafah tegak kembali, saya ingin mengambil program studi itu saja”.
Sementara itu ada fenomena, sebagian mahasiswa Muslim di universitas
favorit – justru mereka yang berprestasi – telah memilih berhenti
kuliah dengan alasan mereka merasa telah “tersesat”, karena belajar
ilmu-ilmu “sekuler” (seperti kedokteran atau teknik), sementara
ilmu-ilmu yang terkait kebahagiaan dunia dan akhirat (yaitu ilmu-ilmu
agama) belum cukup mereka teguk.
Di dunia pendidikan sendiri rupanya, soal ilmu apa yang paling utama
diajarkan ke anak didik ini, masih terus diperdebatkan. Anak-anak
sekolah dasar kita tampak kelebihan beban, bahkan dalam arti harfiah.
Di beberapa sekolah dasar Islam, tas ransel yang dibawa siswa SD itu
sangat berat. Untuk pelajaran bahasa saja, mereka harus belajar empat
bahasa: Indonesia, Inggris, Arab dan bahasa daerah. Kementerian
Pendidikan bermaksud memangkas sejumlah pelajaran, bahkan termasuk IPA
yang akan dimasukkan ke pelajaran Matematika, dan IPS akan dimasukkan ke
pelajaran Bahasa Indonesia.
Maka seperti apakah para ulama terdahulu itu mencari ilmu dan
mengetahui ilmu yang paling utama itu, sehingga kemudian mereka mampu
menguasai sains dan teknologi pada usia yang sangat muda dan sangat
produktif menghasilkan kreasi-kreasi baru pada zamannya?
Kita harus melihat bahwa keadaan masyarakat zaman Khilafah masih tegak dengan sekarang sangatlah berbeda.Pada masa itu, pendidikan masih memiliki visi dan misi yang sangat
jelas. Mereka ingin mencetak generasi hamba Allah yang taat, menjadi
umat terbaik untuk dihadirkan ke tengah manusia, dan cakap memberi
rahmat ke seluruh alam. Oleh sebab itu, seluruh pelajaran dan bidang
ilmu dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi diarahkan ke sana.
Dari segi prioritas juga sangat jelas: amal yang fardhu ‘ain bagi
seseorang, maka mempelajari ilmunya juga fardhu ’ain. Amal yang fardhu
kifayah, ilmunya juga fardhu kifayah. Amalan sunnah, ilmunya juga
sunnah. Demikian seterusnya untuk yang mubah, makruh dan haram. Karena
itu, belajar cara membuat khamr atau ilmu tenung, hukumnya jelas haram.Adapun ilmu yang fardhu ‘ain itu cukup banyak. Ilmu tentang tatacara
ibadah mahdhoh (thaharah, shalat, puasa) atau tentang akidah dasar,
mengetahui halal-haram sehari-hari, membaca Alquran, bahasa Arab dasar,
itu fardhu dipelajari sebelum seseorang baligh. Untuk wanita hamil,
adalah fardhu ‘ain belajar soal tatacara merawat dan menyusui bayi.
Orang yang akan diangkat dalam suatu jabatan atau memangku sebuah
profesi, maka fardhu ‘ain baginya mempelajari segala sesuatu yang
terkait jabatan atau profesi itu. Tidak bisa diterima orang yang
diangkat sebagai sekretaris tapi belum mampu membaca atau menulis. Atau
orang diangkat sebagai kepala daerah tapi buta soal geografi, hukum,
seluk beluk birokrasi atau wawasan politik.
Di sisi lain, sebagian besar ilmu sesungguhnya masuk kategori fardhu
kifayah. Ilmu akidah dalam kedalamannya, ilmu fiqih dan ushul fiqih
dalam kedalamannya, ilmu tafsir dan hadits, ilmu mengurus jenazah,
bahasa dan sastra Arab, dan juga sains dan teknologi dalam kedalamannya,
mulai dari teknik membuat sumur hingga merancang pesawat, dari menjahit
baju hingga menjahit luka sebagai dokter bedah, adalah ilmu-ilmu yang
bila di suatu wilayah tidak cukup jumlahnya untuk memenuhi kebutuhan
umat, maka semua yang belum terlibat masih berdosa.
Oleh sebab itu menjadi jelas, bahwa ilmu yang paling utama untuk
diajarkan di pendidikan dasar adalah ilmu-ilmu fardhu ‘ain untuk
menyambut akil baligh. Termasuk yang ditanamkan sejak dini adalah
kecintaannya pada ilmu, pada para ilmuwan, dan pada proses
pembelajaran. Wahyu pertama adalah soal membaca, bagian paling penting
dalam belajar.
Dan itu pula yang terjadi dengan para ilmuwan di masa lalu. Nyaris
seluruhnya bahkan telah hafal Alquran sebelum 10 tahun. Sedang bahasa
Arab telah menjadi bahasa sehari-hari sejak Negara Khilafah melayani
daerah kelahirannya. Sedang minat mereka dalam mencari ilmu telah
menyala-nyala. Sebagian mereka bahkan sudah menuntaskan ilmu fardhu
‘ain-nya jauh sebelum baligh (yang paling lambat usia 15 tahun),
sehingga mereka sudah bisa fokus pada berbagai ilmu fardhu kifayah yang
dibutuhkan umat.
Maka bisa dipahami bahwa tokoh-tokoh seperti Ibnu Sina (980-1037),
al-Idrisi (1100–1165), Ibn Battutah (1305-1368) dan Mimar Sinan
(1489-1588), itu jumlahnya saat itu tidak sedikit.
Ibnu Sina di usia 10 sudah hafal Alquran dan kitab-kitab kuno.
Setelah ia menamatkan fiqih pada seorang faqih dan aritmatika pada
seorang pedagang, ayahnya memanggil Abu Abdullah an-Natsibi, yang
terkenal sebagai filosof dan matematikawan. Tapi tak lama kemudian
terbukti sang murid lebih pandai dari gurunya. Baru saja gurunya
mengajari 5-6 gambar dari kitab geometri karya Euklides, Ibnu Sina
melanjutkan sendiri dengan bantuan kitab syarah. Selesai kitab Euklid,
dia teruskan dengan Almagest dari Ptolomeus, yakni kitab astronomi
termasyhur saat itu. Itupun tidak lama. Dia kemudian pindah ke fisika,
lalu di bawah bimbingan Isa bin Yahya al Masihi, ke kedokteran. Dia
diminta membaca buku yang tersulit. Belakangan dia katakan kedokteran
tidak sulit, karena dia hanya butuh waktu singkat. Saat menamatkan
semua ini, usianya baru 16! Maka Sultan memanggilnya untuk menjadi
ilmuwan istana. Dia menambah ilmunya lagi dengan belajar di
perpustakaan sultan dan di rumah sakit. Di usia 18, dia benar-benar
menamatkan semua yang dapat dipelajarinya.
Al-Idrisi pada usia muda dia sudah gemar bepergian ke tempat-tempat
yang jauh, ke Eropa, Asia dan Afrika, untuk mengumpulkan sendiri data
dan fakta geografi. Walhasil, pada usia di bawah 30 tahun, dia sudah
menulis kitab geografi berjudul “Nuzhat al Mushtaq fi Ikhtiraq al-Afat”
(Tempat Orang yang Rindu Menembus Cakrawala). Kitab ini berpengaruh di
Barat sehingga diterjemahkan menjadi “Geographia Nubiensis”.
Sedang Ibn Battutah adalah ulama, qadhi, penjelajah dan geografer.
Hingga wafatnya dia telah melawat sejauh 117.000 km, meliputi seluruh
dunia Islam yang telah dikenal dan selebihnya, sejak dari Afrika Barat,
Afrika Utara, Eropa Selatan, Eropa Timur, Timur Tengah, India, Asia
Tengah, hingga Cina. Total 44 negara modern telah dia jelajahi, jauh
melampaui penjelajah paling top hingga saat itu yaitu Marco Polo. Dan
dia memulainya pada usia 20 tahun!
Kemudian Mimar Sinan, arsitek Daulah Utsmaniyah ketika wafat pada
usia hampir 100 tahun, ternyata telah membangun 94 masjid besar, 52
masjid kecil, 57 sekolah tinggi, 48 pemandian umum (hamam), 35 istana,
20 rest area (caravanserai), 17 dapur umum (imaret), 8 jembatan besar, 8
gudang logistik (granisaries), 7 sekolah Alquran, 6 saluran air
(aquaduct), dan 3 rumah sakit.
Orang-orang ini telah berhasil mempelajari ilmu dari yang paling utama, di negeri yang menerapkan politik yang utama.
Oeh : Prof.DR. Fahmi Amhar
0 komentar:
Posting Komentar